Rabu, 12 Desember 2012

One Piece Tentang Bartholomew Kuma

Bartholomew Kuma adalah seorang mantan anggota Revolusioner yang menjadi royal Shichibukai dan terkenal loyal kepada Pemerintah Dunia, dengan nilai bounty 296.000.000. Dia pernah memiliki reputasi yang menakutkan sebagai bajak laut yang brutal, sehingga dijuluki "Tyrant" Kuma. Dia memiliki tubuh sejenis cyborg yang disebut "Pacifista“ yang dikembangkan oleh ilmuwan pemerintah, Dr. Vegapunk. Setelah selesai dimodifikasi Vegapunk, Kuma kini seutuhnya menjadi cyborg Pacifista pertama, dengan nama seri PX-0, dan dianggap meninggal dalam proses.
1. Penampilan
Kuma adalah orang yang tinggi besar, hampir 7 meter tingginya dan berkulit coklat gelap. Setelah Moriah dikeluarkan, Kuma menjadi Shichibukai tertinggi (satu inci lebih pendek dari Moriah) dan biasanya terlihat membawa Alkitab. Penampilannya menyerupai sosok beruang dengan rambut ikal sebahu berwarna hitam. Matanya tampak aneh seperti memakai kacamata. Ia memakai topi yang memiliki sepasang telinga bulat, dengani motif bintik-bintik coklat sama dengan motif celananya, mengenakan jaket hitam tebal, bertangan panjang dan dibagian depannya terdapat garis strip putih. Ada juga beberapa cetakan kaki melapisi ujung bawah jaketnya. Biasanya ia memakai sepasang sarung tangan abu-abu dan sepatu abu-abu juga. Dia memiliki dagu yang menonjol panjang dan menyandang tato "PX-0" di sisi kiri pangkal tenggorokannya.
Dalam anime, rambut dan jaket Kuma berwarna hitam, dengan topi abu-abu dan penutup dari Alkitab berwarna ungu. Didalam manga, awalnya Kuma ditunjukan Oda memiliki skema warna yang sama sekali berbeda. Rambut Kuma terlihat cokelat, jaket oranye cerah, topi kuning dengan bintik-bintik hijau, dan Alkitab terjemahannya berwarna emas padat. Kemudian pada chapter-chapter manga selanjutnya, mantel diubah menjadi lebih mirip dengan yang ada di anime, walau desainnya tidak diubah.
2. Kepribadian
Bartholomew Kuma dikenal dengan kebrutalannya ketika masih menjadi bajak laut di masa lalu. Walau demikian, Kuma adalah orang yang sangat tenang dan pendiam. Ia juga dapat dilihat sebagai karakter yang baik hati, dibandingkan dengan Shichibukai yang lain. Asumsi ini dapat disimpulkan melalui beberapa tindakannya, khususnya ketika dia menyelamatkan nyawa Bajak Laut Topi Jerami pada dua kesempatan terpisah.
Ketika berbicara, ia nyaris tidak menunjukkan emosi dan lazim menggunakan target kata dalam kalimat-kalimatnya. Dia juga memiliki kebiasaan unik menanyakan tujuan seseorang jika ingin bepergian, sebelum benar-benar mengirim mereka pergi dengan kemampuannya. Kadang ia akan mengirim mereka ke tempat yang dipilihnya sendiri meski orang itu akan menyukainya atau tidak.
Ia dikenal sebagai Shichibukai yang loyal dalam mematuhi perintah Pemerintah Dunia. Walau begitu, Kuma tidak selalu setuju dengan anggapan yang "baik" dan "buruk" di dunia dari atasannya. Sebaliknya, ia berusaha menegakkan pemikirannya sendiri (digambarkan sebagai Keadilan Moral) bila memungkinkan. Seperti ketika penerimaan Blackbeard menjadi Shichibukai, disebutnya sebagi keputusan yang sangat buruk dari pemerintah. Namun, loyalitas Kuma tidak mencakup Angkatan Laut. Ia tak segan-segan berbohong kepada mereka, seperti yang ditunjukkannya kepada Sengoku ketika menolak menyerahkan Bajak Laut Topi Jerami atau ketika menolak menjawab pertanyaan langsung dari Admiral Kizaru di Sabaody Archipelago.
Banyak misteri tersembunyi di balik karakter Kuma. Seperti motivasinya ketika bersedia menjadi bahan percobaan pemerintah. Ia juga bisa membuat seorang Silvers Rayleigh percaya kepadanya selama pertarungan di kepulauan Sabaody.
Kuma ditunjukkan sebagai agen yang handal berbohong, berhasil mengelabui Pemerintah Dunia tentang afiliasinya dengan tentara revolusioner selama bertahun-tahun ketika menduduki posisi Shichibukai. Ia juga menunjukkan dedikasinya yang besar ketika melindungi Thousand Sunny sampai kembalinya anggota Bajak Laut Topi Jerami. Setelah proses modifikasinya selesai, Ia kehilangan kepribadian, memori dan kehendak bebas seperti manusia, menjadikannya seperti "senjata hidup" dalam bentuk pacifista, yang hanya mengikuti perintah pemerintah. Donquixote Doflamingo menggambarkan keadaannya sebagai sudah "mati".
3. Hubungan
a. Anggota Kru
1. Revolutionary Army
Dahulu kala Bartholomew Kuma adalah Seorang anggota Tentara Revolusioner dibawah Monkey D. Dragon. Ketika Dragon mengunjungi Goa Kingdom, ia terlihat turut hadir bersama mereka diatas kapal. Sebagai anggota revolusioner, tentunya ia mengenal anggota lainnya seperti Emporio Ivankov dan Inazuma. Seperti diakui Ivankov kalau ia sangat mengenal Kuma dengan baik ketika bertemu dalam pertempuran di Marineford.
Kuma sepertinya tahu banyak tentang Luffy, seperti hubungan antara Luffy dengan Dragon, dan berusaha melindunginya. Ketika diperintahkan untuk membunuh Bajak Laut Topi Jerami di Thriller Bark, ia memilih untuk melepaskan mereka. Dan juga saat diserang Kizaru dan Sentomaru di kepulauan Sabaody, ia membantu mereka melarikan diri. Dia juga membuat kesepakatan dengan Dr. Vegapunk agar memprogram ia melindungi Thousand Sunny sampai kembalinya anggota kru Bajak Laut Topi Jerami ke Sabaody Archipelago sebelum tahap akhir modifikasinya lengkap.
Kuma sepertinya memiliki pengetahuan tentang tempat tinggal Shichibukai lainnya. Seperti saat mengirim Luffy ke Amazon Lily, tempat tinggal Boa Hancock, dan Zoro yang dikirim ke Kuraigana Island yang didiami Dracule Mihawk. Tidak diketahui apakah ia pernah ke tempat itu sebelumnya.
Shichibukai lainnya, Donquixote Doflamingo mengetahui proses modifikasi yang tengah dijalani Kuma dan perubahan kepribadian pada diri Kuma. Namun, dia tidak tahu keterlibatan Kuma dengan Revolusioner.
1. Gekko Moriah
Ketika di Thriller Bark, antara Kuma dengan Moriah terlihat saling mengenal dengan baik. Moriah menyatakan kalau Kuma adalah Shichibukai yang mau melakukan apa saja yang diperintahkan pemerintah, sehingga tidak dapat dipercaya. Kuma menawarkan bantuannya mengatasi Bajak Laut Topi Jerami dan ditolak Moriah sambil marah-marah. Moriah yang merasa dihina bahkan berbalik menantang Kuma, meskipun Kuma tidak terpengaruh oleh taktik intimidasi itu.
c. Sekutu
Setelah dimodifikasi seutuhnya menjadi pacifista, Kuma menjadi senjata andalan bagi pemerintah dunia. Walau begitu, ia sebelumnya adalah anggota Revolusioner yang sangat membenci pemerintah. Alasannya ketika berpura-pura menjadi alat pemerintah tidak diketahui. Begitu juga motivasinya ketika ia setuju menjadi bagian dari proyek Pacifista pertama, masih menjadi misteri.
Sebelum modifikasi terakhir, Kuma secara terbuka mengaku mengikuti perintah Pemerintah Dunia, namun tidak merasa berkewajiban untuk tunduk di bawah Angkatan Laut. Ia menolak untuk bekerja sama dengan Angkatan Laut kecuali diberikan perintah langsung dari pemerintah. Setelah dimodifikasi menjadi Pacifista seutuhnya, ia kini menjadi budak keduanya, Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut, dan melakukan apa saja yang diperintahkan kepadanya.
3. Vegapunk
Kuma tampaknya memiliki hubungan yang cukup baik dengan Dr. Vegapunk. Vegapunk bersedia mewujudkan keinginan terakhirnya sebagai manusia, untuk memprogram Kuma melindungi kapal Topi Jerami sampai mereka kembali. Hal ini sangat mungkin bahwa Vegapunk sangat menghormati kekuatan Kuma, ketika mengubahnya menjadi prototipe Pacifista, dan ia membiarkan Kuma melakukan hal-hal yang bertentangan dengan Pemerintah Dunia.
4. Kemampuan dan Kekuatan
Kuma adalah salah satu dari sedikit orang yang mampu mengalahkan Bajak Laut Topi Jerami, dan juga satu-satunya karakter yang dua kali mengalahkan mereka. Namun, saat itu semua anggota kru Topi Jerami dalam keadaan tidak siap karena baru saja selesai bertarung (pada pertemuan pertama, mereka baru saja selesai mengalahkan Bajak Laut Moriah, dan pada pertemuan kedua, mereka baru selesai melawan Pacifista dan sedang menghadapi Kizaru dan Sentomaru). Sebagai Shichibukai, Kuma ditampilkan sebagai salah satu karakter yang kuat dalam cerita. Kuma juga memiliki refleks yang cepat seperti ketika mampu menangkis serangan Gear Second Luffy dengan mudah.
Dia memiliki reputasi tinggi yang menakutkan bahkan bagi bajak laut kuat dan terkenal lainnya, seperti Eustass Kid, yang tampak gentar ketika menyaksikan kedatangan Pacifista yang disangkanya sebagai Kuma di kepulauan Sabaody. Kemampuannya dapat diukur dari besarnya nilai bounty dirinya 296.000.000 yang bahkan tidak mencerminkan nilai bounty yang sebenarnya karena nilai bounty seorang Shichibukai akan dikurangi ketika bergabung.
Selain itu, dulunya ia adalah seorang komandan pasukan Revolusioner yang memiliki kekuasaan memimpin sejumlah anggota pasukan lainnya.
a. Kekuatan Fisik
Bartholomew Kuma memiliki ketangguhan fisik yang luar biasa. Bahkan jika dibandingkan dengan manusia super lainnya, Kuma tergolong sangat kuat. Sebuah tendangan kuat Sanji di kepalanya, tidak menimbulkan efek apapun bahkan sebaliknya, justru Sanji yang kesakitan. Serangan pedang Zoro, Itouryu Lai; Shishi Sonson, suatu teknik yang dapat memotong baja, hanya menimbulkan goresan bagi Kuma. Ketika di Sabaody Archipelago, ia menunjukkan reflek yang baik ketika menghindari serangan Gear Second Monkey D. Luffy.
Cara Kuma bertarung mengingatkan pada gaya seorang pesumo. Ia memasang kuda-kuda dengan melebarkan kakinya, menanamnya kuat-kuat di tanah, lalu membungkukkan badannya dengan satu tangan di depan. Gaya ini sama persis dengan gaya bertarung Sentomaru. Setelah timeskip, Kuma yang selesai menjalankan misinya melindungi Thousand Sunny, masih sanggup berjalan walau mengalami kerusakan parah.
Kuma memakan Buah Iblis tipe Paramecia, Nikyu Nikyu no Mi, memberinya bantalan telapak tangan yang memberikan kekuatan untuk "memantulkan" apa saja, termasuk udara di sekitarnya, dalam kecepatan tinggi. Kekuatan buah ini juga memungkinkan dia mendorong dirinya sendiri sehingga dapat berpindah lokasi dengan sekejap mata. Selain itu, ia dapat membuat orang lain "hilang" dengan menamparnya, memindahkan mereka terbang ke lokasi lain yang sangat jauh.
Karena memiliki kemampuan "memantulkan" apa saja, ia bahkan dapat memantulkan rasa nyeri dan kelelahan dari tubuh seseorang. Seperti ketika ia mengeluarkan semua rasa sakit yang diderita Luffy akibat pertarungan di Thriller Bark dari tubuhnya dan membuatnya benar-benar sembuh.
Dengan memukulkan udara kedepan berulang-ulang, ia dapat memukul musuh menggunakan udara berkecepatan tinggi dari jarak jauh yang disebut "Pad Hou". Ia juga dapat membuat sebuah gelembung udara besar dan dengan tekanan tinggi memampatkannya sebesar kepalan tangan lalu melepaskannya sebagai bom yang dahsyat. Serangan ini dinamainya "Ursus Shock", serangan yang cukup kuat untuk memporakporandakan satu pulau di Thriller Bark atau ketika melumpuhkan Little Oars Jr. di Marineford.
Selain itu, dengan telapak tangannya, ia menunjukkan kemampuan untuk memblokir semua serangan fisik, seperti pukulan, serangan pedang ataupun tembakan senjata.
d. Pacifista
Karena dimodifikasi menjadi Pacifista, ia juga dapat menembakkan sinar laser melalui mulut. Sinar laser ini cukup kuat untuk melelehkan sepotong logam, maupun menimbulkan ledakkan besar. Berbeda dengan Pacifista, ia tidak dapat mengeluarkan lasernya melalui kedua tangan atau matanya. Sinar laser ini adalah hasil pengembangan dari kekuatan milik Kizaru oleh Dr. Vegapunk yang diterapkan pada Pacifista.
5. Sejarah
a. Masa Lalu
1. Bajak Laut
Menurut Perona, ketika dulu masih menjadi bajak laut, Kuma dikenal sebagai bajak laut tirani yang terkenal kebrutalannya. Karena itu ia dijuluki, Tyrant Kuma. Benar atau tidak cerita ini masih belum dapat dibuktikan.
2. Pasukan Revolusioner
Kira-kira dua belas tahun sebelum waktu cerita saat ini, Kuma bersama Monkey D. Dragon dan Emporio Ivankov, dan anggota Revolusioner lainnya mengunjungi Goa Kingdom. Dia turut menyaksikan peristiwa kebakaran di Grey Terminal, membantu para korban naik ke atas kapal revolusioner. Saat itu mereka adalah bagian awal dari pergerakan revolusioner. Tidak diketahui jika Kuma tetap menjadi awak Dragon ketika memulai serangan melawan Pemerintah Dunia. Walau kemudian ia ikut mengetahui kalau Luffy adalah anak Dragon ketika sudah menjadi Shichibukai, mengingat anggota kru lain misalnya Ivankov tidak mengetahuinya, menunjukkan kemisteriusan hubungannya dengan Dragon. Namun asumsi ini bisa saja salah jika ia memperoleh pengetahuan itu dari Angkatan Laut, seperti dari Sengoku atau Monkey D. Garp yang memang kakek Luffy.
3. Shichibukai dan Proyek Pacifista
Dia kemudian menjadi Shichibukai dan dikenal loyal kepada pemerintah. Ini Ironis mengingat ia sebelumnya dikenal sangat membenci pemerintah (seperti yang dinyatakan Emporio Ivankov ketika pertempuran di Marineford). Kemudian keterlibatannya bertambah dalam ketika ia dengan sukarela mengizinkan tubuhnya menjalani eksperimen pemerintah menjadi senjata hidup yang dinamai proyek Pacifista. Proses modifikasi ini dilakukan secara bertahap oleh ilmuwan jenius pemerintah, Dr. Vegapunk, dengan setiap bagian tubuhnya diubah satu persatu, dan bagian kepala yang menjalani tahap akhir.
b. Skypiea
1. Pertemuan di Mariejois
Kuma diperkenalkan sebagai Shichibukai selama pertemuan di Mariejois. Seperti Donquixote Doflamingo dan kemudian Dracule Mihawk, dia hadir pada pertemuan membahas kekalahan Crocodile di Arabasta. Saat itu, pembicaraan mereka terganggu oleh kehadiran seseorang. Orang itu diidentifikasikan oleh Vice Admiral Tsuru sebagai Laffitte, seorang polisi yang dikenal dengan cara-cara kekerasannya dari West Blue. Laffitte menominasikan kaptennya Blackbeard untuk mengisi posisi Shichibukai yang kosong. Mereka menolak karena Blackbeard tidak mempunyai reputasi dan namanya tidak dikenal. Akan tetapi, Laffitte mencoba meyakinkan kalau mereka sedang mengusahakannya dalam waktu dekat dan untuk tetap mengingat nama Bajak Laut Blackbeard.
c. Perang Whitebeard
1. Berurusan dengan Kekalahan Moria di Thriller Bark
Dengan membawa perintah dari Pemerintah Dunia untuk menginformasikan penggantian Crocodile kepada Gekko Moriah, Kuma datang ke Thriller Bark. Sesampainya di sana, ia bertanya kepada beberapa Zombie pelayan Perona, yang sedang memuat harta karun ke Thousand Sunny tentang keberadaan tuan mereka. Namun ia mendapat perlawanan dan terpaksa berurusan dengan mereka. Kemudian ia turun dari kapal dan berdiri di belakang Perona yang sedang menghadapi Nami. Melihat dari reaksi terkejut Nami dan mendengar laporan dari anak buahnya tentang perbuatan Kuma, ia tampak marah dan ingin membalas namun jatuh terduduk ketakutan setelah mengetahui identitas orang yang akan dihadapinya.
Oleh Perona, Kuma diperkenalkan sebagai royal Shichibukai, seorang yang terkenal kebrutalannya ketika masih menjadi bajak laut. Kuma menanyakan keberadaan Moriah kepada Perona, namun Perona sepertinya salah sangka mengira Kuma datang untuk menundukkan Pimpinan mereka dan menolak menjawab. Melihat Perona tidak bersedia menjawab, Kuma kembali bertanya tujuan Perona jika ingin bepergian. Tak disangka Perona menjawab. Kesal karena dipermainkan, Perona coba menyerang Shichibukai itu dengan serangan terbaiknya "Ultimate Combo". Kuma kemudian membuka sarung tangan, dan membuat lenyap Perona (diketahui kemudian kalau Perona dikirim ke Kuraigana Island).
Melihat kejadian ini, para zombie mencoba untuk menyerang namun berlarian ketakutan setelah melihat sosoknya. Kuma kemudian berpaling kepada Nami dan bertanya apakah Luffy memiliki saudara. Nami mengiyakan dengan menyebut nama Ace, sambil terkejut melihat Kuma telah berpindah tempat dengan sekejap. Kuma lalu melanjutkan perjalanannya ke kastil untuk menemui Moriah. Setelah menunggu beberapa saat di Dance Hall di Mansion Mast, Moriah datang menemui Kuma. Moriah menyebutnya sebagai Shichibukai yang loyal kepada pemerintah dan dibalas Kuma dengan menanyakan tujuan Moriah jika ingin bepergian namun Moriah tampak tidak terpengaruh karena seperti tidak asing dengan kemampuan yang dimiliki Kuma. Kepada Moriah, Kuma menyampaikan berita tentang penggantian posisi Shichibukai Crocodile kepada Marshall D. Teach alias Blackbeard. Kuma menambahkan, walau kesenjangan di jajaran Shichibukai telah terisi, pemerintah merasa agak tidak nyaman dengan perkembangan situasi terkini. Sejak insiden di Enies Lobby, Pemerintah Dunia telah tumbuh waspada pada pergerakan Bajak Laut Topi Jerami dan menurut Log Pose yang mereka ikuti, kemungkinan besar mereka akan berlabuh di Thriller Bark.
Kuma kembali melanjutkan kata-katanya, bahwa tak ada yang pernah mengira sebelumnya kalau agen terkuat CP9 dari pemerintah, Rob Lucci akan kalah ditangan Monkey D. Luffy. Pemerintah menjadi cemas kalau-kalau akan ada lagi Shichibukai yang tumbang di tangan mereka. Shichibukai yang dimaksud itu tak lain adalah Gekko Moriah. Kuma bermaksud menawarkan bantuannya kepada Moriah untuk mengatasi Bajak Laut Topi Jerami. Mendengar hal itu, Moriah marah besar, menolak bantuan Kuma dan menyuruhnya duduk santai sambil menonton dia sendiri mengalahkan seluruh anggota kru Bajak Laut Topi Jerami. Kemudian, Kuma turut menyaksikan Moriah dikalahkan Luffy. Setelah pertempuran, Kuma melaporkan berita ini kepada Pemerintah Dunia.
2. Melepas kru topi jerami
Takut berita kekalahan Moriah tersebar luas dan menyebabkan kegemparan global seperti kekalahan Crocodile, Kuma diperintahkan untuk membunuh semua saksi di Thriller Bark. Sesaat setelah menerima pesan, ia mulai menyerang para korban Thriller Bark. Perhatiannya kemudian tertuju kepada Roronoa Zoro yang dianggap sebagai ancaman serius. Setelah menyerang balik Franky dan Usopp, ia dan Zoro terlibat dalam pertarungan. Sanji coba untuk membantu dengan menendang kepalanya, namun terjatuh kesakitan. Kuma memberikan penawaran kepada mereka untuk menyerahkan Luffy kepadanya dan sebagai gantinya ia akan membiarkan mereka semua untuk tetap hidup, namun mereka menolaknya. Setelah itu, Kuma menggunakan kekuatannya untuk menciptakan sebuah bom dari gelembung besar udara yang dimampatkan, dan melepasnya sehingga menghancurkan seisi pulau dan membuat semua penghuninya tak sadarkan diri.
Melihat semua orang tak sadarkan diri, Kuma coba untuk meraih Luffy. Namun tanpa disangka, Zoro dengan putus asa, menyerangnya dengan Itouryuu Lai: Shishi Sonson, namun hanya mampu membuat sedikit kerusakan pada bahu Kuma. Zoro tampak terkejut melihat bagian dalam tubuh Kuma. Kuma menyatakan bahwa dia adalah seorang Cyborg, namun berbeda dengan milik Franky. Ia adalah "senjata hidup" yang belum selesai yang dibuat oleh ilmuwan jenius pemerintah, Dr. Vegapunk, dan dikenal dengan Pacifista, PX-0. Zoro menawarkan nyawanya untuk ditukar dengan Luffy. Kuma setuju dan saat itu tanpa diduga, Sanji bangun dan juga menawarkan hal serupa namun ia dipukul Zoro sampai pingsan.Ketimbang mengambil nyawa Zoro, ia menawarkan hal yang lain. Dengan kekuatannya, ia mengeluarkan semua rasa sakit dari tubuh Luffy, membentuk semacam gelembung besar dan menyuruh Zoro untuk merasakannya sebagai gantinya.
Setelah itu, Kuma berpindah ke lokasi pintu masuk ke kapal. Sambil berbicara sendiri, ia mengungkapkan kekagumannya kepada Luffy yang bisa memiliki kru yang loyal, yang mengingatkannya kepada sosok Dragon.
3. Sabaody Archipelago
Diawal cerita Sabaody Archipelago, Kuma terlihat hadir di Mariejois, menemui Sengoku dan Garp untuk menyampaikan laporannya. Sengoku marah-marah karena ketidakmampuannya untuk menangkap Bajak Laut Topi Jerami.
Kemudian di kepulauan Sabaody, Kuma tiba-tiba muncul ketika Bajak Laut Topi Jerami dan Silvers Rayleigh sedang menghadapi Kizaru dan Sentomaru serta Pacifista, PX-1. Zoro mengidentifikasikannya sebagai Kuma yang asli. Ia nampak terkejut melihat Zoro masih hidup. Dengan kemampuannya, ia membuat Zoro lenyap. Sementara Kizaru masih berduel dengan Rayleigh, Sentomaru mengungkapkan bahwa Bartholomew Kuma memiliki kemampuan untuk mengirim seseorang pergi jauh. Luffy meminta Sentomaru untuk memperkirakan kemungkinan kemana Zoro pergi. Sentomaru mengatakan bahwa siapa saja yang disentuh oleh cakar Kuma, akan pergi tiga hari tiga malam dan tujuannya hanya diketahui Kuma seorang. Sanji yang marah, bersiap-siap untuk menghadapi ketika Kuma, ketika PX-1 mencoba untuk menyerang Usopp dari belakang. Dengan kemampuan Buah Iblis nya, Kuma mengirim PX-1 terbang jauh yang membuat Sentomaru marah.
Luffy kemudian memerintahkan kru nya untuk melarikan diri sejauh mungkin. Disaat Sanji, Usopp dan Brook mencoba melarikan diri, Kuma turun dan siap menyerang mereka. Brook mengorbankan dirinya dan sempat membuat sebuah lelucon singkat saat ia menghilang. Sanji dengan putus asa menyuruh Usopp untuk terus pergi sambil menendang Kuma, tapi dipantulkan ke arah puing-puing. Usopp mencoba bertahan, namun dikirim pergi oleh Kuma. Dengan penuh kemarahan, Sanji berjalan ke arah Kuma, namun dibuat menghilang juga.
Luffy tampak shock melihat kejadian itu, sementara Rayleigh terlihat masih berduel dengan Kizaru. Kuma kemudian mendekati Rayleigh dan berbicara kepadanya. Kepada Rayleigh, Kuma mengaku sebagai anggota Revolusioner, dan karena itu ia ingin menyelamatkan Luffy dan kru nya. Rayleigh menanyakan motif Kuma, dan dibalas Kuma kalau ia dapat memilih untuk mempercayainya atau tidak. Ketika Kizaru bertanya apa yang dibicarakannya kepada Rayleigh, ia hanya menjawab kalau ia tidak berkewajiban untuk menjawab pertanyaan itu. Luffy mengaktifkan Gear Second tapi Kuma sudah sekejap berpindah kearah Franky dan Nami. Franky menyerangnya dengan "Strong Right", tetapi tidak berpengaruh. Luffy yang marah mencoba serangan "Jet Pistol", namun hanya diblok cakar Kuma. Kuma mendekati Franky dan mengirimnya pergi. Luffy perlahan menyerah, ketika melihat Nami juga dikirim pergi.
Dengan hanya Robin dan Chopper yang tersisa, Luffy bersujud memohon agar Kuma menghentikan pengiriman kru nya. Namun Kuma dengan sekejap berpindah lagi ke arah Robin dan Chopper. Chopper yang berwujud raksasa dibuat menghilang oleh Kuma. Robin berusaha lari, namun dikirim pergi juga. Luffy dalam keputusasaannya, jatuh ke tanah dan menangis kalau ia tak mampu melindungi satupun temannya. Kuma hanya menanggapi kalau ia dan Luffy tak akan bertemu lagi, sebelum akhirnya turut mengirim Luffy pergi.
Sebelum kembali ke Marineford, ia mengunjungi Rayleigh di rumahnya untuk menceritakan sesuatu dan menambahkan kalau ia tak memiliki banyak waktu tersisa.
4. Pertempuran di Marineford
Kuma menjawab panggilan sebagai Shichibukai untuk melawan Bajak Laut Whitebeard dan kemudian menghadiri jamuan makan dengan Shichibukai lain, kecuali Jinbe dan Boa Hancock. Ketika bersiap menghadiri perang di Marineford, ia tampak berbaris dengan Shichibukai lain, bersama Dracule Mihawk, Donquixote Doflamingo, Gekko Moriah, dan Boa Hancock.
Ketika pertempuran terjadi, Little Oars Jr. berusaha untuk mencapai tempat eksekusi Ace. Kuma memukulnya dengan "Ursus Shock" sehingga membuatnya terjatuh. Kuma menampilkan wajah serius ketika melihat rombongan Luffy tiba di medan perang.
5. Identitas Kuma sebagai Pacifista
Kuma menyerang Luffy dan Ivankov dengan sinar laser dari mulutnya. Ivankov berkata kalau ia mengenal Kuma sejak lama. Namun Ivankov menyatakan kalau ada sesuatu yang salah dengan Kuma. Donquixote Doflamingo yang berdiri di depannya, berbicara atas nama Kuma, mengatakan kalau yang ada dihadapan mereka, bukanlah Kuma yang dikenal, kalau ia tak tahu ada hubungan apa, Ivankov dengan Kuma.
Doflamingo kemudian menjelaskan kalau Kuma dengan sukarela menjalani proses modifikasi dari pemerintah menjadi Pacifista. Ivankov menuduh Doflamingo berbohong karena Kuma yang dikenalnya sangat membenci pemerintah dan tidak akan pernah bekerja sama dengan mereka. Doflamingo menyatakan kalau ia tidak tahu ada kesepakatan apa Kuma dengan Pemerintah Dunia namun menurutnya, beberapa hari yang lalu, Kuma masih memiliki kepribadiannya sebagai manusia sedangkan Kuma yang mereka lihat sekarang bisa dianggap sudah "mati". Bersamaan dengan itu, Kuma menyerang Luffy dan Ivankov dengan sinar laser.
Setelah itu, Kuma melesat ke arah tentara Newkama dan menyerangnya dengan "Pad Hou". Beberapa dari mereka berjatuhan. Melihat hal itu, Ivankov tampak gusar dan menyerangnya dengan "Ganmen Spectrum" yang membuat fatamorgana puluhan wajah, lalu melepas "Galaxy Wink" untuk membuat Kuma terpelanting jauh, sambil berteriak bahwa ia tidak akan membiarkannya menyakiti pengikutnya. Dengan kesal, Ivankov mengatakan kalau tidak ada orang yang pernah melihat wajahnya yang bisa melupakan itu, dan ditambahkannya jika Kuma lupa akan kengerian seorang Ivankov, maka ia akan merasakan kengerian itu. Mereka berdua lalu terlibat dalam pertarungan.
Ketika Sengoku mengumumkan tahap akhir rencananya, ia bersama-sama Shichibukai lainnya pergi ke alun-alun. Setelah kedatangan Shanks, Kuma terlihat berdiri, turun bersama-sama dengan orang lain.
6. Setelah Perang
Bartholomew Kuma muncul lagi di Kepulauan Sabaody di depan Flyng Fish Riders, memegang ciri khasnya Alkitab. Melihat kedatangannya, anggota Flyng Fish Riders berlarian ketakutan. Shakky meyakinkan mereka kalau Kuma adalah sekutu.Ternyata ia bergabung dengan mereka untuk melindungi Thousand Sunny. Satu tahun setelah pemisahan kru Topi Jerami, Angkatan Laut berusaha menghancurkan kapal tapi Kuma, serta Hatchan dan Duval, berjuang melawan mereka. Kuma terus melindungi Thousand Sunny setelah Duval dan Hatchan pensiun karena menerima terlalu banyak luka selama pertempuran.
Alasannya melakukan hal itu tidak begitu jelas, walau kemudian dijelaskan kalau Kuma meminta Dr. Vegapunk untuk memprogramnya dengan misi khusus melindungi kapal Topi Jerami sebelum kepribadiannya benar-benar hilang.
d. Dunia Baru
1. Reuni kru topi jerami
Ketika Franky pergi menemui Thousand Sunny, ia menemukan Kuma yang rusak berat di dekat kapal. Setelah Kuma melihat Franky, dia perlahan melangkah pergi dengan mengatakan "Misi lengkap".
Setelah anggota kru Topi Jerami berkumpul kembali dan meneruskan perjalanannya ke Fishman, Franky mengatakan kepada kru bahwa mereka berhutang budi kepada Kuma untuk menyelamatkan mereka dari Admiral Kizaru,dengan mengirim mereka ke pulau yang berbeda di mana mereka bisa menjadi lebih kuat, dan untuk melindungi Sunny Seribu. Franky menambahkan bahwa jika mereka mungkin bertemu dia lagi, mungkin dia bukan Kuma yang sama dan telah menjadi "senjata manusia" tak berperasaan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Follow @SemuaInfoBola_ ya! Acc twitter kami!